Minggu, 13 Desember 2015

this is real story !!!

Hi Guys. Gue mau berbagi pengalaman tadi sore di kampus. This is real story. Gue hari Jumat jadwal kuliah full sampai jam 5 sore. Singkat cerita sambil nunggu jam 3 (ada jadwal lagi yaitu studi islam) gue makan terus shalat. Selesai sekitar jam 14.30. Nah gue shalat di masjid seberang kampus dari masjid menuju fakultas itu lumayanlah ya. Di jalan menuju fakultas tiba-tiba gue dipanggi sama anak muda ya tampangnya lumayan karena emang anaknya good looking sih ya minta waktu buat ngasih informasi 1 menit (awalnya). Okelah gue IYAin karna gue ga terlalu buru-buru banget. Awalnya dia nanya gini “tau Leukimia ga ka?” gue jawab “ya tau. Penyakit kelebihan sel darah putih” terus dia bilang gini “nah iya ka. Kaka tau Qalista ga? Atau sebelumnya pernah denger?” gue jawab engga karna emang bener seumur-umur gue baru denger itu. Dia ngejelasin ngomong panjang lebarlah pokoknya akhirnya lama-lama minta sumbangan dan dia juga ngaku sebagai volunteer dari yayasan qalista tersebut. Dia ngaku mahasiswa BINUS Kebon Jeruk (dia pikir gue gak tau binus situ haha) karna tampangnya emang agak encek gitu sih. Dia ngejual buku gitu harganya 100.000. Awalnya gue kaget buku sekecil itu harga mahal banget. Tau-taunya dia bilang uangnya mau disumbangin ke anak Leukimia itu. Yaudah kan hati gue tergerak mau bantu karena niatnya baik buat bantu anak kanker itu. Gue nanya “harus sekarang uangnya? Ga ada” dia kayak maksa gitu supaya gue nyumbang. Sampe dia nawarin sumbangan yg tanpa dapet buku itu. Kalo tanpa buku seikhlasnya tapi gue liat gak ada yang nyumbang 2000 haha. Di dalam buku itu ada beberapa voucher makan gitu deh. Voucher diskon itu berlaku di Fish market, inul vizta, RX, Batik, dan car wash super shield. Dalam buku itu ditulis HEMAT RP. 2.000.000 maksudnya adalah (si jual buku itu bilang ke gue) kalo kita nyumbang 100.000 bakal dapet 2.000.000 tapi bukan dalam bentuk uang melainkan dalam bentuk voucher tadi. Gue piker-pikir lagi buat apa voucher itu? Belum tentu kepake kan. Nah mungkin dia tau AWALNYA gue pengen banget beli bukunya, dia sampe nawarin “apa mau di transfer aja ka? Tapi harus hari ini karena kita mau setor nanti jam 4 sore. Gue bilang gak bisalah. Pulang ngampus aja jam 5 dan gue ga pake e-banking. Terus dia bilang “hmm, yaudah paling lambat besok gapapa deh ka. Tapi harus lho ini. Soalnya aku bawa buku ini 15 tadi dan ini tinggal 1” dan gue pun IYA-IYA aja. Tapi padahal gue udah bilang “kalo ga percaya gapapa ka ga usah kasih bukunya dulu. Lagian kan buat nyumbang, ga dapet bukunya juga gapapa si” terus dia jawab “oh gapapa ko ka aku percayain ke kaka. Tapi bener lho ya ka. Yaudah isi data dulu ka (isi data di halaman paling belakang buku bagian bawah terus di sobek sama dia). Disitu gue ngisi nama, alamat, no hp, e-mail, sama ttd. Terakhir gue di foto katanya buat dokumentasi gitu terus dia ngasih nomor rekeningnya. Dan disitu gue baru tau kalo nama dia itu Reyno.
Pas sampe di fakultas, kebetulan temen-temen kelasan gue belum masuk kelas. Gue yg lagi baca-baca buku itu dan berniat buat transfer besok jadi agak ragu. Salah satu temen gue tiba-tiba kaget pas liat gue bawa buku itu. Dia bilang “itu nipu ul. Siapa yg nyumbaang? Elu? Serius itu nipu. Harga buku 100.000 kan? Udah ada korbannya (sambil ngasih bukti foto gitu di instagram)” dan gue hampir ga percaya. Masa iya nipu? Dan pas gue teliti, buku yg di instagram itu bener-bener persis sama punya gue. Selama pelajaran studi islam gue masih kepikiran mau transfer apa engga. Sampe rumah gue baru mulai browsing tentang yayasan qalista ini. BENER kalo qalista itu nyadan buat anak leukimia tapi harga buku itu Cuma 30.000. jauh banget. Setelah gue teliti ulang bukunya dan inget-inget lagi kejadian tadi ternyata ada yang janggal. Diantaranya :
1.      Di cover buku paling bawah dituliskan “30% dari laba bersih penjualan voucher ini akan disumbangkan untuk qalista human care” kalo Cuma 30% dari 100.000 berarti yg disumbangin Cuma 30.000. terus 70.000-nya kemana? Anggap aja gue beli voucher diskonan. Kirain 100.000 itu disumbangin ke yayasan semua.
2.      Kenapa si Reyno ini ngasih nomor rekening pribadinya bukan rekening yayasan? Kalo emang nyadan ini acara yayasan, harusnya yayasan tersebut punya rekening yayasan sendiri.
3.      Segampang itu buat ngasih nih buku ke gue padahal baru kenal hari itu. Padahal harganya 100.000 lho dan buat sumbangan.
4.      Kalo disetor jam 4 sore kenapa nyumbang besok bisa? Uang gue nanti larinya kemana kalo lo udah nyetor terus gue baru transfer? Itupun ke rekening pribadi si reyno itu.
Bukannya gak mau nyumbang tapi kadang niat baik kita disalahgunain sama orang-orang yg gak bertanggung jawab. Hari selanjutnya gue di sms sama si Reyno ini pagi-pagi sekitar jam 8 gini “kalo udah di transfer kabarin ya ka” ya tuhan mau minta sumabangan apa nodong lu? Ga sabaran amat dah. Ya namanya mau nyumbang atau engga itu terserah gue mau ngasih apa engga. Ya mungkin karena buku dia udah sama gue kali yah jadi ga mau rugi. Gue bales sms dia gini “temenku ada yg di binus kebon jeruk karna kebetulan deket dari rumah (sepik) jadi aku titip ke dia aja yah? Semester berapa sama jurusan apa ka? Nanti gampanglah dicari. Temen lumayan banyak disitu (gue bohongin balik)” dan dia pun gak ngebales. Udah ketauan banget kedoknya.

Jadi kalian yg belum kena jangan sampe kena kayak gue. Alhamdulillahnya gue belum ngeluarin uang sepeser pun. Mending kalo mau nyumbang gue saranin langsung ke tempatnya deh ya. Modus sekarang banyak yg menyalahgunakan buat nyumbang anak kanker and blablabla. Buat lebih jelasnya dan percaya atau engganya, kalian bias searching sendiri di om google keyword “yayasan qalista human care”. Wajar kita hati-hati. Mungkin buat lo uang 100.000 itu kecil tapi gede buat mereke Karena setiap keuntungan yang mereka ambil gak Cuma keuntungan 1 buku tapi dari beberapa buku. Kalo 15 buku yg kejual lo bias ngebayangin untung dia berapa. Share ke yg lain semoga bermanfaat. Karena mereka ngincer di tempat makan, kampus, dll. Inceran utama mereka adalah para pelajar.

9 komentar:

  1. Ka aku pernah ketipu tapi cuman kasih goceng :|

    BalasHapus
  2. Goceng lumayan tuh buat beli capcin wkwk. Tadi siang juga ada yg dateng ke kampus pas gue lg ngumpul sama temen kelas. Modusnya sama minta waktu 2 menit. Gue bilang aja "maaf ya lg sibuk ngerjain tugas"

    BalasHapus
  3. waw per orang bisa dapet 70 ribu masuk kantong sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. 90 ribu woi bukan 70 ribu , itu voucher nya juga ngak bisa dipakai

      Hapus
  4. wew,itu serius? jadi ngga yakin ama sumbangan

    BalasHapus
  5. Kurang tau deh ya itu sisanya kemana. Tipsnya kalo ada yg nyamperin lo terus minta waktu 2 menit, lo tanya dulu mau ngapain. Kalo dia jawab buat acara sosial langsung aja lo tinggal kabur. Bilang lg sibuk atau buru2 nunggu temen.

    BalasHapus
  6. tahun 2018, tipu2 qalista ini masih berjalan, baru tadi siang ditawarin buat nyumbang pas lagi makan di hokben suncity sidoarjo, tiba2 nylonong aja gitu duduk dan kenalan. cari duit gitu amat yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Tuhan gw baru tau sekarang, gw tadi juga tiba² ditawarin tapi gw pas lagi ngga bawa duit 100 andaikata gw bawa duit mungkin lain cercer

      Hapus
  7. 1 bulan yang lalu, gue pernah ketipu sekali dekat gramedia merdeka bandung ,yang ini yayasan lupus, tapi untung aja itu uang bonus dari uang kash kelas 12 sma , jadi ngak rugi rugi amat sih , lalu depan stasiun bandung juga ada perempuan yang bilang dari yayasan autis dan didepan univ maranatha bandung ada lakilaki yang bilang dari yayasan leukimia blablabla, yang salah bukan yayasannya tapi sales sales anjing penipu dari pt granton elite anjing yang bangsat
    Seharusnya ini dilaporkan kepada polisi

    BalasHapus